Wednesday, October 10, 2012

Info Jalur Gunung Nokilalaki (Sulteng)


Nokilalaki, gunung yang mempunyai tinggi sekitar 2360 Mdpl ini menjadi awal perjalanan di bulan Oktober kami. Dari Kota Palu sekitar jam 15.00 kami menempuh perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke Desa Tongoa Kecamatan Nokilalaki, Kabupaten Sigi.

Sesampainya kami Di Desa Tongoa jam 17.30, agak lama memang karena kami sempat berhenti karena hujan yang mengguyur di daerah Palolo. Biasanya waktu tempuh dari Kota Palu hingga ke desa Tongoa hanya memakan waktu 75 menit. Desa Tongoa sendiri adalah tempat dimana untuk memulai titik start pendakian Ke Puncak Gunung Nokilalaki, tepatnya pada jalan setapak di samping Rumah Makan ……… pada ketinggian 820 Mdpl .

Saat itu kami memulai pendakian pada jam 18.15, berhubung karena jarak ke pos 1 sangat dekat yaitu sekitar 2,29 Km dengan memakan waktu sekitar 1 Jam, selain itu juga jalur menuju ke pos 1 sangat jelas yang juga bisa dikendarai dengan 
sepeda motor dan agak landai, kita hanya berjalan menyusuri perkebunan coklat milik penduduk setempat yang agak sedikit menanjak dan ditemani bunyi aliran sungai yang berada di sebelah kanan kita. Setelah menyusuri kebun coklat kita akan mendapatkan pertigaan jalur tepatnya di perkebunan jagung, disini kita harus mengambil jalur ke sebelah kanan dan sedikit menuruni bukit setelah itu kita akan menyebrangi sungai, tak jauh dari setelah kita menyebrangi sungai sekitar 5 menit perjalanan maka kita akan sampai di pos 1.

Di Pos 1 terdapat sebuah shelter yang bisa di pakai oleh pendaki untuk beristirahat, luas wilayah Pos 1 bisa menampung sekitar 10 hingga 15 tenda dengan posisi letak yang berbeda-beda sesuai keinginan pendaki. Di pos ini airnya sangat melimpah dikarenakan berada dekat dengan aliran sungai, ketinggian pos 1 sendiri mencapai sekitar 1065 Mdpl.

Untuk melanjutkan perjalanan ke Pos 2, pertama-tama kita akan menyusuri jalan setapak yang berada pada pinggiran sungai dan sesekali kita kan menyebrangi sungai tersebut. Setelah berjalan hampir 30 menit kita akan mendapatkan sebuah tanah yang landai dan luasnya bisa menampung hingga 3 buah tenda, para pendaki local biasa menyebutnya dengan pos antara ditempat ini juga terdapat air. Selepas itu kita akan disambut dengan tanjakan stress yang hampir mempunyai kemiringan hingga 130 derajat, di jalur ini kita harus berhati-hati karena jalur yang sangat licin apalagi pada musim hujan tapi tenang saja jalur ini tidak terlalu panjang sekitar berjalan 20 menit kita akan mendapatkan jalur yang agak landai. Setelah itu kita akan menyusuri hutan rapat hingga memakan waktu 1 jam maka kita akan sampai di pos 2, jarak antara pos 1 ke pos 2 mencapai 3,20 Km. Di jalur ini juga kita akan sesekali memutar atau mencari jalur lagi karena diakibatkan banyaknya pohon-pohon tumbang.

Lain hal dengan pos 1, di pos 2 ini tidak terdapat shelter luas wilayah pos ini bisa menampung hingga 10 buah tenda. Di pos yang biasa digunakan pendaki sebagai camp terakhir untuk mencapai puncak Nokilalaki ini juga terdapat sumber air yang berjarak 50 meter disisi barat pos ini. Dari pos yang memiliki ketinggian sekitar 1730 Mdpl ini kita akan berjalan lagi sekitar 1,20 Km untuk sampai di pos 3.
Jalur dari pos 2 ke pos 3 sangat jelas, sama seperti jalur sebelumnya kita akan tetap menyusuri hutan rapat dengan tanjakan-tanjakan yang bervariasi, sebelum sampai di pos 3 kita akan mendapat tempat yang agak terbuka dan bisa melihat langsung pemandangan Danau Lindu beserta pemukiman masyrakat yang berada disekitarnya. Waktu tempuh dari pos 2 ke pos 3 memakan waktu hinggga 45 menit, luas wilayah pos ini seperti sebuah lapangan takraw. Jarang para pendaki mendirikan tenda di pos ini karena tidak terdapat sumber air serta cuacanya yang sangat dingin.

Dari pos yang memiliki ketinggian 2069 Mdpl ini kita hanya cukup berjalan 1,10 Km dengan waktu tempuh  30 menit maka akan sampai di Puncak Gunung Nokilalaki yang mempunyai tinggi sektar 2360 Mdpl. Luas wilayah puncak Nokilalaki sama seperti 2 kali luas lapangan volley dan terdapat sebuah tringulasi dengan tinggi 1,5 meter. (Onald Vacundez)

Kontak Person KPA NOKI “Dedi – 0821 9131 1789”
KPA NOKI adalah sebuah Kelompok pecinta alam yang base campnya terdapat di kaki gunung Nokilalaki, tepatnya di samping rumah makan Diana, desa Tongoa. mereka bisa dihubungi untuk ingin mengetahui atau mencari informasi tentang jalur gunung Nokilalaki.

Pos 1 :                                                          Pos 3 :
Titik Koordinat                                              Titik Koordinat
LS 01 derajat-12’-56,9”                                   LS 01 derajat-14’-52,9”
BT 120 derajat-09’-51,2”                                 BT 120 derajat-09’-33,0”
1065 Mdpl                                                      2069 Mdpl

Pos 2 :                                                          Puncak Nokilalaki
Titik Koordinat                                              Titik Koordinat
LS 01 derajat-14’-24,4”                                   LS 01 derajat-15’-19,4”
BT120 derajat-09’-06,4”                                  BT 120 derajat-09’-59,9”
1730 Mdpl                                                      2360 Mdpl

Gallery Photo




4 comments:

Olovatu River Tubing

Booking Now..