Saturday, June 16, 2012

Danau Lindu, Kab. SIGI, Sulawesi Tengah

Danau yang terletak didaerah kabupaten Sigi, merupakan danau terbesar ke 2 yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah setelah Danau Poso. Untuk berkunjung ke Danau Lindu kita akan menempuh jarak kurang lebih 62 kilometer dibagian arah  selatan Kota Palu, tepatnya di Desa Sadaunta, Kec. Kulawi, Kabupaten Sigi. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau juga bisa dengan berjalan kaki sejauh 16 Kilometer, apabila jika kita tidak memiliki kendaraan sendiri, kita bisa menggunakan jasa ojek yang berada pada pintu masuk kawasan ke Danau Lindu.

Dan untuk yang ingin berjalan kaki/hiking kita akan menyusuri jalan setapak yang berdiameter sekitar dua meter dengan disisi kanan jurang dan disisi kiri dinding pegunungan yang berbatu serta juga kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat eksotik yaitu deretan pegunungan yang diselimuti oleh hutan hujan tropis yang sangat masih perawan.

Danau Lindu dihuni oleh empat buah desa yang terbagi menjadi beberapa dusun diantaranya yaitu, Desa Puro’o, Desa Langko, Desa Tomado, dan Desa Anca yang bernaung

 di Kecamatan Lindu. Selain sebagai icon objek wisata unggulan yang berada di Kabupaten Sigi, danau Lindu juga merupakan pemasok Ikan Air tawar terbanyak untuk daerah Kabupaten Sigi, Kota Palu dan sekitarnya. Objek wisata yang masuk dalam Kawasan Taman Nasional Lore Lindu ini selain menawarkan keindahan panorama alamnya juga terdapat banyak menyimpan benda-benda prasejarah diantaranya jenis-jenis batu Megalith.
Karena hukum adat yang berada di sekitar danau lindu ini masih sangat kental, jadi diwajibkan untuk  para wisatawan jika ingin berkunjung ke daerah ini harus melapor terlebih dahulu dengan pemerintah setempat, karena banyaknya aturan yang harusnya kita ketahui sebelum beraktifitas di daerah ini.

Danau Lindu juga sering mengadakan acara tahunan yang biasa di kenal dengan sebutan Festival Danau Lindu, banyak kegiatan yang dilombakan di acara ini, diantaranya Lomba Menangkap ikan, lomba Perahu Layar, Pemilihan Putri Lindu dan masih banyak lainnya.
Untuk pusat tempat wisatanya sendiri berada di Desa Tomado, tempat wisata ini difasilitasi dengan adanya beberapa cottage yang disewakan dengan biaya sekitar Rp150.000/hari, sedangkan untuk satwa penghuni kawasan wisata Danau Lindu ini juga banyak, diantaranya bermacam-macam jenis burung yang semuanya dilindungi.

Intinya Danau Lindu adalah tempat dimana kita bisa belajar serta dapat mengeluarkan ide-ide yang belum anda pikirkan sebelumnya.

Gallery Image Danau Lindu








Ayo ke Danau Lindu....!!!!
 

2 comments:

  1. kunjungan special untuk sahabat direktori blog Indonesia
    Salam hangat dan happy blogging ya bro..

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    ReplyDelete

Olovatu River Tubing

Booking Now..