Saturday, July 14, 2012

Info Jalur Gunung Rore Kautimbu

Gunung Rore Kautimbu memiliki ketinggian 2400 Mdpl, terletak didaerah Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Gunung ini juga bisa di tempuh dari arah Kota Palu yang berjarak kurang lebih 110 kilometer ke daerah bagian Kecamatan Palolo atau arah selatan dari Kota Palu. Untuk mendaki ke gunung ini kita harus wajib melapor terlebih dahulu di pos penjagaan yang berada pada pintu masuk kawasan TNLL dan membayar tiket masuk sebesar Rp2.500/orang serta jika anda membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan tambahan biaya parkir sebesar Rp5.000/motor.

Jalur untuk menuju puncak Rore Kautimbu 

tidak sama seperti jalur di gunung-gunung lainnya yang memiliki beberapa pos atau shelter yang jelas, di gunung ini kita tidak akan menemukan yang namanya pos atau shelter untuk menginap terlebih karena jalur pendakiannya yang jelas dan juga tidak memakan waktu yang lama untuk mencapai puncaknya, sekitar ± 4 jam berjalan dari titik Start atau di pos tempat kita melapor maka kita akan sampai di puncaknya. Tetapi dalam tulisan ini saya sertakan beberapa tempat dimana biasa para pendaki beristirahat untuk mendirikan tenda apabila berkunjung ke gunung Rore Kautimbu :

1.    Danau Tambing/Camp Ground
Danau Tambing berada sekitar 200 meter dari Pos Penjagaan kearah barat. Tempat ini biasa digunakan pendaki untuk berisirahat melepaskan lelah sebelum menuju puncak, didanau ini terdapat beberapa jenis ikan air tawar seperti ikan mas, lele, Mujair, dan masih banyak jenis lainnya. kita diperbolehkan juga untuk memancing dari pinggir-pinggir danau.

2.    Helipad
Helipad adalah merupakan tempat  pendaratan helicopter para penjajah dahulu, terbukti dengan adanya lantai yang disemen berukuran 5 X 4 meter ini terletak di jalur menuju puncak sekitar satu jam apabila kita berjalan dari danau tambing. Tempat yang biasa digunakan para peniliti burung untuk mendirikan basecamp ini memiliki luas wilayah sekitar setengah dari luas lapangan bola. Disini juga terdapat sumber air.

3.    Cold Peak/Puncak Dingin
Terletak diketinggian 2317 Mdpl, tempat ini biasa di gunakan para pendaki sebagai camp terakhir untuk menuju puncak Rore Kautimbu. Selain lokasi tempatnya yang sangat eksotik darisini kita juga bisa melihat separuh daerah lembah Napu yang sangat begitu indah. Sumber air berada diarah timur sekitar 300 meter dari puncak dingin.

Diselimuti hutan hujan tropis dengan suhu rata-rata 15 derajat celsius, dimulai dengan menyusuri aspal kurang lebih dua kilometer, kemudian dilanjutkan dengan menapak jalur yang berbatu hingga mempunyai kemiringan 90 derajat dengan jarak tempuh kurang lebih empat jam dan ditemani oleh beberapa jenis kicauan burung, maka kita akan sampai pada Puncak Rore Kautimbu 2400 Mdpl. 
Ket : Diharapkan untuk tidak mendaki pada musim hujan di gunung ini.

Photo Gallery












No comments:

Post a Comment

Olovatu River Tubing

Booking Now..