Tuesday, September 4, 2012

Info Jalur Gunung Sidole (Sulawesi Tengah)


Gunung sidole merupakan salah satu gunung yang sering di daki oleh para pendaki yang berada di Kota Palu dan sekitarnya, tetapi jarang para pendaki diluar Sulawesi tau akan gunung ini. Gunung yang terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong ini memiliki ketinggian sekitar 2099 Mdpl, karena terletak di daerah perbatasan, gunung ini banyak memiliki jalur pendakian untuk sampai di puncaknya.
Apabila di daki dari sisi barat/Kabupaten Donggala bisa melalui Desa Wani dan Desa Toaya sedangkan jika di daki dari sisi timur/Kabupaten Parigi moutong bisa melalui Desa Marantale, Desa Towera, dan Desa Alo’o (sumber : Ojan Rajawali dan WAPA Virus). Untuk disaat sekarang para pendaki hanya banyak menggunakan jalur dari Desa Aloo yang terletak di Kec. Ampibabo, Kab. Parigi moutong. 

Gunung yang sangat cocok didaki diakhir pekan ini banyak juga menyimpan satwa endemik sulawesi diantaranya anoa, burung alo, dan bermacam-macam serangga, sayangnya jumlah populasi mereka disaat sekarang sudah menurun akibat perburuan yang dilakukan oleh tangan-tangan jahil. Berikut detail transportasi dan jalur pendakian dari Desa Aloo :
Alur Transportasi :
-  Terminal Mamboro Palu – Desa Toga (Ampibabo) KL 80 Km, 3,5 Jam.
Naik Bus/Rental jurusan Ampibabo turun dipertigaan tugu perdamaian desa Toga, ongkos Rp 40.000.
-  Desa Toga – Desa Aloo
Sewa jasa ojek, Ongkos Rp15.000,
Karena tidak adanya gerbang start pendakian, setelah sampai di Desa Aloo kita meminta bantuan kepada KPA Laskar Puncak yang berada di desa tersebut untuk sebagai guide. Atau bisa juga kita meminta bantuan ke WAPA Virus (sebuah kelompok pecinta alam yang berada di desa Toga/Ipul-082191811811).
Jalur Pendakian :
- Desa Aloo – Pos 1
Jalan setapak yang agak landai serta dibalut dengan ribuan pohon coklat dan durian, waktu tempuh 1,5 Jam.
- Pos 1 – Pos 2
Untuk menuju ke pos 2 kita hanya cukup melawan arus sungai serta selalu mengambil jalur sebelah kiri jika mendapati percabangan air, disini pendaki akan menyebrangi sungai sekitar 20 kali dengan hanya satu anak sungai. Waktu tempuh jalur ini memakan hingga 1,5 jam.
Di pos 2 ini kita bisa mendirikan tenda untuk mempersiapkan fisik esok hari, disini air sangat melimpah.
-Pos 2 – Pos 3
Setelah menggikuti arus sungai sekitar 3 menit, jalur akan berubah dengan mengikuti punggungan yang terjal serta tanah yang basah. Di  jalur ini kita akan sering menjumpai tumbuhan rotan disebelah kiri kanan jalur. Diwajibkan untuk para pendaki membawa persediaan air yang cukup, dikarenakan jalur menuju pos 3 hingga puncak tidak terdapat sumber mata air. Apabila kita beruntung, di jalur ini juga kita akan dapat mendengar dan melihat aktifitas burung alo yang terbang berpindah dari pohon satu ke pohon yang lain. Waktu tempuh hingga 4-5 jam.
-  Pos 3 -  Puncak
Dari pos 3 untuk menuju puncak jalurnya sudah semakin jelas dan tidak terlalu terjal, sesekali kita akan berjalan di punggungan yang landai.waktu tempuh 1 – 2 jam.
-  Puncak
Luas puncak Gunung Sidole hampir sama dengan dua buah lapangan volley dengan memiliki ketiinggian 2099 Mdpl. Di puncak kita bisa mendirikan tenda, disini juga terdapat sumber mata air. Dari puncak ini kita bisa melihat dua sisi pemandangan yang berbeda, di sisi timur kita bisa melihat Teluk tomini dan disisi barat pemandangan Teluk dan Kota Palu.

Keterangan :
1.    Wajib membawa guide, bisa penduduk lokal atau kelompok pecinta alam setempat yang sudah pernah ke puncak sebelumnya.
2.    Hati-hati dengan serangan pacet dari pos 2 ke pos 3.
3.    Dari puncak kita juga bisa melihat serpihan pesawat yang jatuh sekitar tahun 1974 (sumber: warga setempat), dengan menuruni punggungan sebelah barat, jalur  menuju ke serpihan pesawat sudah jelas dengan adanya stringline, memakan waktu  hingga 1 jam perjalanan.

“Maaf jika tedapat susunan kalimat yang salah/new writer Onald Vacundez

Gallery Gunung Sidole :






















Serpihan Pesawat Yang diperkirakan jatuh tahun 1974 :




No comments:

Post a Comment

Olovatu River Tubing

Booking Now..